Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jelang Kedatangan Jokowi, Netizen Nilai Pemda Lembata Jago “Sulap Jalan”

Jelang Kedatangan Jokowi, Netizen Nilai Pemda Lembata Jago “Sulap Jalan”



Orang nomor satu Republik Indonesia, Presiden Jokowi sudah lama dirindukan kedatangannya ke Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Beberapa waktu lalu, ketika Jokowi menginjakkan kaki di tanah Flores, khususnya Maumere dan tanah Sumba, seorang putra Lembata atas nama Ansel Deri sempat menulis surat terbuka kepada Jokowi. Isi surat tersebut menggambarkan kerinduan rakyat Lembata akan kehadiran Presiden di Lembata. Belum diketahui jelas; apakah surat tersebut sampai kepada Presiden atau sebaliknya.

Hari ini, Jumad (09//04/2021), kerinduan masyarakat Lembata segera terobati. Presiden dijadwalkan akan turun langsung memantau kondisi bencana alam yang terjadi di sebagian wilayah Lembata dan Flores Timur khususnya pulau Adonara.

Informasi soal kedatangan ini, bukan hanya pertanda sebuah kerinduan yang tercapai melainkan juga muncul kontroveri yang dapat dibaca pada komentar para netizen.

Mengapa tidak? Sehari sebelum jadwal kedatangan Presiden yang oleh pendukungnya dinilai sangat sederhana ini, Pemerintah Lembata dinilai tergesa-gesa memerbaiki infrastruktur jalan ke wilayah Ile Ape, sebuah wilayah terparah akibat bencana alam tersebut.

Mereka menilai, Pemda terkesan lebih mementingkan infrastruktur jalan demi memberi kenyamanan pada Presiden daripada kepada warga terdampak. Sindir-menyindir pun terjadi lewat media sosial, bahkan tak bisa terbendung.

Nama akun facebook atas nama Agustinus Goe Nuban misalnya, menulis sebuah status pada grup FB: BICARA LEMBATA NEW demikian: “Masih ingat Bupati Lembata mendapat berbagai penghargaan? Nah salah satu penghargaan nanti dari Presiden adalalh Jago Sulap jalan.”

Unggahan ini mendapatkan respons atau komentar sebanyak 29 kali. Salah satunya, Hendy Arsen Tedemaking. Ia memberi komentar menanggapi unggahan tersebut demikian: “Pemda salah semua yg bmar Cuma agus nuban.”

Senada dengan unggahan Agustinus Goe Nuban, nama akun facebook atas nama Heri Tanatawa Lewotolok, dalam sebuah unggahannya pada grup facebook yang sama memberikan komentar pedas demikian: “Presiden mau datang ka panik o...? Mulai beraksi tambal sana sulam sini.!? Begitulah klu otak & hati hasil dari tambal sulam.”

Unggahan ini serentak menimbulkan komentar sebanyak 163 kali. Ada yang mendukung unggahan tersebut, adapula yang sebaliknya.

Nama akun facebook Nakap Langoday juga terlibat berkomentar. Unggahannya demikian: "Urus cari korban dulu ew KH....jalan tc dari Zaman besi sampai zaman aluminium sudah bgtc dan kami masyarakat su nyaman dengan jln berlobang jadi tidak usa sok2 jadi Herry Potter yg jago sulap..."

Selain kritikkan tiga facebooker di atas, adalagi komentar pada unggahan lainnya yang orientasinya tentu saja berisi kritikkan kepada Pemda Lembata. Nama akun facebook Thomas Matarau pun tak mau kalah berkomentar.

Dalam unggahannya, ia menulis begini: “SULAP MENYULAP ALAT BERAT MILIK PT TRANS LEMBATA MENDADAK DISULAP DAN DIPASANG LOGO “PU” INI LEMBATA KABUPATEN MUNAFIK.”

Unggahan ini juga terdapat dalam grup facebook yang sama. Entah apa yang terjadi di lapangan, sehingga para netizen berani mengeluarkan komentar seperti itu? Apakah komentar tersebut sesuai dengan kondisi yang ada di Lembata saat ini?

Bukan hanya komentar seperti di atas, ada pula netizen lain yang mengajak orang  Lembata untuk menyambut Presiden dengan seribu motor. Hal ini sesuai dengan kondisi riil Lembata saat ini yakni kelangkaan BBM sebagaimana diunggah oleh nama akun  facebook atas nama Junaidi Lembata.

Ia menulis demikian: “SERUAN AKSI “SAMBUT JOKOWI DENGAN SERIBU MOTOR BARIS SEPANJANG PERTAMINA LAMAHORA.”

Dari beberapa komentar di atas, dapat dibayangkan bahwa situasi Lembata saat ini bukan hanya tentang bencana alam yang memorak-morandakan tanah Lembata dan penghuninya melainkan juga soal situasi sosial-politik yang sebenarnya sudah lama menimbulkan masalah masif. Sebut saja kondisi infrastruktur jalan dan kelangkaan BBM.

Post a Comment for "Jelang Kedatangan Jokowi, Netizen Nilai Pemda Lembata Jago “Sulap Jalan”"