Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Yang Lebih Sehat untuk Tubuh, Nokia Senter atau Layar Sentuh?

Yang Lebih Sehat untuk Tubuh, Nokia Senter atau Layar Sentuh?

Satu dekade yang silam atau bahkan dua dekade, kita masih sangat akrab dengan Handphone (HP) yang biasa disebut Nokia Senter.

HP jenis ini sangat sederhana, harganya pun terbilang masih sangat murah jika dibandingkan dengan HP layar sentuh seperti samsung, OPPO dan jeni HP lainnya.

HP jenis Nokia Senter, hanya digunakan untuk telepon atau berkomunikasi jarak jauh juga pesan singkat atau SMS. Ada juga yang digunakan oleh anak-anak untuk bermain game ular dan sebagainya.

Lantas, apa hubungan antara HP dan kesehatan tubuh kita sebagai manusia pengguna? Seringkali kita asyik bermain dengan HP tanpa memikirkan efek buruk bagi kesehatan tubuh kita baik secara psikis maupun fisik.

Nah, pertanyaannya; mana yang lebih baik untuk kesehatan tubuh manusia: Nokia Senter atau Layar Sentuh?

Untuk menjawab pertanyaan pokok di atas, tidak lain dan tidak bukan Nokia Senter lebih baik. Sebab HP merek ini memiliki daya radiasi yang kecil, cahaya HP juga tidak terlalu terang yang dapat menurangi efek negatif pada mata manusia.

Oleh karena itu, HP Nokia Senter sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain daya radiasi yang rendah, Nokia Seter juga memiliki tombol karet sehingga jari-jari kita tidak bersentuhan langsung dengan layar HP yang mengandung arus listrik.

Walaupun demikian, tak dapat dimungkiri bahwa, zaman semakin maju dan serba canggih. Zaman tersebut turut membawa perubahan bagi pengetahuan manusia tentang terknologi modern.

Karena itu, munculah HP merek baru berlayar sentuh. HP merek ini memiliki banyak manfaat yang dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia. Selain untuk berkomunikasi, juga memiliki manfaat jamak lainnya.

Namun, tentang kesehatan tubuh manusia, apakah HP Layar Sentuh lebih baik daripada Nokia Senter? Jawabnya: tidak!


Sebab HP Layar Sentuh memiliki daya radiasi yang sangat tinggi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia khususnya pada bagian mata. Anak-anak usia dini dan orang yang berumur tua sangat rentan.

Anda dapat mencari informasi tentang bahaya yang disebabkan oleh HP layar sentuh lewat google, koran-koran atau televisi dan media-media lainnya. Di situ, Anda akan menemukan banyak informasi tentang bahaya HP Layar sentuh.

Lebih banyak menyebabkan kebutaan pada anak-anak yang ketagihan bermain game pada aplikasi yang tersedia pada HP layar sentuh. Ada yang matanya membengkak, kemerah-merahan dan bahkan mengalami kebutaan permanen.

Ya, semua hal negatif ini karena berasal dari daya radiasi HP layar sentuh yang sangat tinggi. Apalagi jika digunakan lebih dari 10 jam per hari tanpa berhenti. Selain itu, sel-sel atau urat-urat pada tubuh kita pun akan terganggu. Sebab pada layar HP terdapat daya arus listrik yang bisa menular pada sel-sel tubuh kita.

Akibatnya, tubuh kita menjadi lemah, urat-urat kita loyo bahkan lebih parah bisa menyebabkan strok ringan pada lengan kita. Bukan hanya kerusakan fisik melainkan juga psikis. Orang akan mengalami peningkatan emosi negatif. Misalnya, marah-marah, frustrasi bahkan bunuh diri.

Solusinya

Adapun solusinya yakni kurangi menggunakan HP Layar sentuh. Jika anda punya HP Nokia Senter lebih baik gunakan itu untuk berkomunikasi. Sedangkan layar sentuh dikurangi penggunaannya. Bisa gunakan cukup dua atau tiga jam per hari.

Selain itu, jika anda tetap ngotot menggunakan HP layar sentuh, usahakan layar HP-nya dikurangi cahayanya karena akan berdampak negatif pada mata. Juga jangan menggunakan HP sambil tidur. Itu berbahaya!

Solusi terakhir yakni setelah menggunakan HP, pastikan anda mengambil waktu sejenak untuk melihat ke tempat lain khususnya ke arah tumbuhan hijau agar mata anda bisa fresh kembali.

 

Post a Comment for "Yang Lebih Sehat untuk Tubuh, Nokia Senter atau Layar Sentuh?"