Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Semua Agama Sama, Silakan Baca Penjelasannya

Semua Agama Sama, Silakan Baca Penjelasannya

Kalau kita memeriksa sejarah agama-agama dunia, akan kita temukan beraneka macam ajaran agama yang unik dengan kronologi kelahiran yang berbeda-beda pula.  Di sana, ada agama samawi atau langit, agama yang punya kitab suci, juga ada agama bumi, misalnya sistim kepercayaan lokal yang ada di setiap daerah.

Kehadiran agama-agama di dunia seringkali juga menimbulkan huru-hara bagi kelangsungan hidup manusia. Agama seringkali tidak menjamin persatuan dan keharmonisan manusia global. Hal ini dikarenakan setiap agama punya ajaran-ajaran ekslusif yang berbeda. Kemudian ada pula tafsiran yang berbeda-beda dari setiap agama.

Coba lihat beberapa kasus di Indonesia. Ada penistaan agama, klaim kebenaran bahwa agama tertentu paling benar, ada olok-olokkan terhadap agama lain dan sebagainya.

Bukan hanya tafsiran dari agama berbeda, melainkan juga di dalam satu agama pun punya tafsiran yang berbeda-beda. Maka muncul pula yang kita kenal dengan aliran-aliran khusus dalam setiap agama.

Judul artikel ini mau memberikan kepada kita sebuah jawaban konkrit dari pertanyaan, apakah semua agama sama? Lalu apa yang sama dalam setiap agama; apakah wujud tertinggi atau yang sangat populer kita sebut sebagai Tuhan; ataukah kitab suci dan ajarannya yang sama?

Artikel ini tidak hendak mengulas tentang wujud tertinggi alias Tuhan dalam agama-agama. Sebab penulis sendiri tidak punya kemampuan untuk menjelaskan tentang Tuhan. Melihat saja belum pernah, apalagi menyentuh-Nya.

Solusinya ialah kembali kepada iman kepercayaan kita masing-masing. Lalu, apa yang sama dalam setiap agama? Jawabannya yakni soal ajaran-ajaran universal dari semua agama, baik agama besar maupun sistim kepercayaan yang ada di setiap daerah.

Apa itu ajaran universal? Jawabannya ialah ajaran universal berkaitan dengan ajaran yang ditujukan bagi semua orang tanpa membeda-bedakan agama, suku, golongan dan seterusnya.

Contohnya yakni ajaran tentang hidup damai, cinta kasih, belas kasih, saling menghormati, tidak boleh mencuri untuk menumpuk kekayaan pribadi dan seterusnya. Semua ajaran-ajaran yang bersifat universal tersebut  ada dalam setiap agama-agama di dunia ini.

Maka tidak salah kalau kita katakan semua agama itu sama. Ya, sama karena ajaran universalnya, kalau soal ajaran tentang Tuhan, penulis angkat tangan. Sebab, penulis bukan Tuhan yang mampu menjelaskan wujud dari Tuhan sebagaimana yang diyakini dalam setiap agama.

Dari ajaran-ajaran universal yang disumbangkan oleh setiap agama tersebut, kita sebagai manusia dituntut untuk merealisasikannya. Kita dituntut untuk hidup damai, toleransi, cinta kasih, tidak menista agama orang lain dan tentu saja masih ada ajaran universal lainnya.

Selain itu, ada ajaran-ajaran tertentu yang berbeda dari satu agama dengan agama yang lain. Tugas kita sebagai orang beragama yakni saling menghormati setiap perbedaan itu, tanpa harus mengklaim diri sebagai paling benar atau seenaknya mengejek atau menghina ajaran khusus dalam agama-agama lain.

Post a Comment for "Semua Agama Sama, Silakan Baca Penjelasannya"