Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Surat Terbuka kepada Bupati dan Wakil Bupati Lembata

SURAT TERBUKA

Kepada YTH,

Bapak Bupati & Bapak Wakil Bupati Lembata

Di mana saja.


Hari ini tanggal 22 Mei 2021, ulang tahun pelantikan bapak Bupati & bapak Wakil Bupati Kabupaten Lembata. Artinya tersisa 1 tahun atau 365 hari kepemimpinanya.

Secara pribadi saya mau menyampaikan beberapa catatan dan harapan sebagai berikut:


1. Selamat dan proficiat untuk bapak berdua yang telah bersama memimpin Lembata secara bersama, dalam kemesrahan balutan semangat TAAN TOU untuk mewujudkan 'CINCIN EKONOMI'. Bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam menghadapi setiap dinamika pembangunan, yang mengantar kabupaten Lembata masih menyandatang predikat/status sebagai Kabupaten TERTINGGAL dan mungkin Ter-Ter yang lainnya.


Suatu pencapaian yang sangat ironis, memalukan dan melukahi hati rakyat Lembata, walaupun minoritas orang masih mendukung, membanggakan bahkan menyanjung-nyanjung.


2. Empat tahun kepemimpinan bapa berdua masih menyisahkan sekian banyak masalah, yang belum ada simpul penyelesaiaannya. Saya dan mungkin kami berharap, di sisa waktu satu tahun kepemimpinan, bapa berdua bisa menyelesaikannya dengan baik dan berakhir HAPPY ENDING.


3. Mungkin ini beberapa PR penting, mendesak dan strategis yang harus dengan serius bapa berdua tuntaskan diantaranya:


A. Merapihkan urusan Penatausahaan Asset milik Pemerintah Daerah, agar tertip secara Administrasi, Hukum, Dokumentasi dan Pemanfaatannya. Khusus untuk asset-asset yang tidak produktif, hendaknya diputihkan dan dilelang secara terbuka, untuk mendongkrak PAD yang ditargetkan 100 M.


B. Melunaskan Hutang Pihak ke Tiga yang belum dilunaskan, yang jumlahnya puluhan Miliar, sebagai wujud konkrit dari strategi Pemulihan Ekonomi ditengah Pandemi Covid-19 yang kian tak menentu. Tidak dengan jalan mengajukan PINJAMAN, tetapi dengan meniadakan program dan kegiatan yang penting tapi TIDAK MENDESAK untuk rakyat, contoh, Pembanguan Rujab, Pengadaan Buku dan lain sebagainya yang nilainya fantastis, Miliaran Rupiah.


C. Mendorong proses penegakan Hukum terhadap semua pekerjaan fisik maupun non fisik yang bermasalah maupun mangkrak. Termasuk tata kelola keuangan Desa, yang banyak juga berkontribusi masalah. Jadilah panglima yang berada di garda terdepan untuk memberantas Korupsi untuk mewujudkan Pemerintahan Daerah yang bersih jauh dari KKN (Maaf saya tidak menguraikannya, karena saya yakin dan percaya bapak berdua lebih mengetahuinya).


D. Menerapkan manajeman tata kelola Pemerintahan Daerah yang Transparan dan Akuntabel. Yang muda dijangkau dan diakses oleh para pihak termasuk Lembaga DPRD.


E. Menjadikan Lembaga DPRD sebagai mitra kerja sejajar, dalam unsur Pemerintahan Daerah dalam setiap arah kebijakan yang hendak dibuat. Hadir dan terlibat dalam rapat-rapat DPRD, bersama-sama berbicara, berdiskusi, bersepakat untuk kepentingan rakyat Lembata, jauh dari kepentingan diri dan golongan.


F. Menyelesaikan persatian batas tanah antar Kecamatan, antar Desa maupun antar kelompok atau pribadi atas nama tanah hak ulayat maupun tanah milik orang perorangan.


G. Bertanggung jawab secara cepat, tepat, tuntas dan transparan, perihal Penanganan Bencana, baik Bencana Alam, Non Alam maupun Bencana Sosial lainnya, yang hingga hari ini masih menuai banyak kritik dan penafsiran yang berbeda-beda di kalangan masyarakat.


H. Transformasi Birokrasi, baik kebijakan pemberian jabatan, mutasi dan kebijakan lainnya harus patuh dan taat pada Daftar Urutan Kepangkatan (DUK) dan Analisis Jabatan serta Analisis Beban Kerja (Anjab - ABK). Tidak didasarkan pada 'Like or disLike' dan atau 'ABS' alias Asal Bapa Senang.


4. Secara pribadipun saya menyampaikan permohonan maaf atas segala yang kurang dan mungkin tidak berkenan, yang melukai pikiran, perasaan dan hati bapak berdua, baik secara lansung maupun tidak lansung. Sejatinya, yang baik untuk kepentingan rakyat akan saya dukung dan yang kurang baik untuk rakyat akan saya beri masukan, kritik, saran pendapat, evaluasi, rekomendasi dengan jalan Formal maupun Informal bahkan bangkit melawan dengan cara-cara Non Formal.


Akhirnya, selamat meneruskan amanah di sisa waktu, satu tahun kepemimpinan bapak berdua sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Saya selalu berdoa pada Tuhan dan memohon berkat dari Leluhur Lewo Tanah Lembata, untuk menantiasa melindungi, menerangi pikiran, hati dan tindakan bapak berdua, agar secara arif serta bijaksana melakukan yang terbaik untuk seluruh rakyat Lembata dan Tanah Lembata.


Lewoeleng, 22 Mei 2021

Salam Hormatku

Marianus Gabriel P. Raring.

 

Post a Comment for "Surat Terbuka kepada Bupati dan Wakil Bupati Lembata"