Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tokoh Hebat, Gus Miftah Ceramah di Gereja

Tokoh Toleransi Sejati, Gus Miftah Ceramah di Gereja

Nama Gus Miftah tentunya sudah sangat populer di jagat Indonesia. Walaupun, ia adalah seorang pemuka agama Islam tetapi rasa cintanya menjalar ke semua orang tanpa memandang agama. Ia sering berdakwah bukan hanya tentang agama Islam tetapi juga tentang kebangsaan. Ia layak disebut sebagai tokoh panutan anak bangsa, lebih khusus berkaitan dengan toleransi antaragama di Indonesia.

Mengapa tidak? Gus Miftah adalah sosok pluralis yang dicintai oleh semua orang beragama, bukan hanya kaum muslim. 

Belakangan ini, ia kembali disorot warganet karena ia membagikan video ceramahanya. Yang sangat luar biasa ialah Gus Miftah berceramah di gereja. Ini hal yang unik, menembus sekat-sekat partikular.

Video yang ia unggah pada akun instagramnya, Jumad (30/4/2021) memperlihatkan dirinya sedang berbicara di dalam sebuah gereja Kristen. Ia berbicara pada sebuah mimbar dengan latar belakang salib berukuran besar.

Video ini menuai banyak pujian dari warganet, tentu ada pula yang mengkritik cara bertoleransi dari pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji Sleman tersebut. Sesuai data yang diperoleh, video tersebut bertempat di Gereja Bethel Indonesia Amanat Agung Jakarta. Gus Miftah berbicara pada saat peresmian gereja tersebut.

Dalam ceramahnya tersebut, Gus Miftah mengajak semua warga negara untuk hidup saling menghormati walaupun berbeda agama. Ia bahkan menyapa para hadirin dengan sapaan kebanggaan umat Kristen yakni Shalom.

Keterbukaan seorang tokoh pluralisme ini sontak mendapat aliran pujian dari banyak pihak. Banyak juga warganet yang memberi komentar kontra. Namun, semua itu merupakan kebebasan setiap orang dalam menilai Gus Miftah. Mari kita petik hikmahnya untuk kehidupan berbangsa dan beragama di Indonesia.

Post a Comment for "Tokoh Hebat, Gus Miftah Ceramah di Gereja"