Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

SMPK Adi Sucipto Kupang Gelar HUT ke-57, Ini Kata Romo Yonas



Sabtu , 28 Agustus 2021 bertempat di Aula SMPK Adi Sucipto Penfui Kupang diadakan Perayaan HUT Sekolah SMPK Adi Sucipto yang ke 57. kegiatan ini diawali dengan Perayaan Misa Syukur bersama dengan mengusung tema Aku Setia dan Bertanggungjawab demi Spekacipto.


Tema ini mau menunjukan agar semua warga sekolah  terus menjaga marwah sekolah sehingga tetap eksis demi kemajuan sekolah. Perayaan Misa dimulai Pukul 9.00 Wita yang dipimpin oleh RD Yonas Kamlasi Selaku Kepala Sekolah SMPK Adi Sucipto.


Perayaan Misa ini dihadiri oleh 35 Guru dan Pegawai, 18 Mahasiswa PPL dari UNIKA Kupang dan STIPAS KAK Kupang serta para tamu undangan dengan penerapan Protokol Kesehatan Secara ketat. Dalam kegiatan ini, para tamu undangan pun dibatasi karena masih dalam situasi Covid-19.


Dalam kotbahnya, Romo Yonas Kamlasi memberikan sedikit arahan kepada semua yang mengikuti perayaan misa khususnya para warga sekolah agar terus mengembangkan talenta yang dimiliki sesuai dengan semangat hidup Spritualitas St. Agustinus. Ia juga meminta agar semua warga sekolah tidak mengikuti semangat hidup Hamba Tuhan dalam Kisah yang digambarkan oleh Injil Matius, 25 : 14–30. Hamba tersebut menguburkan talenta yang diberikan Oleh Tuhan kepadanya. 


Romo sangat berharap agar semua warga Sekolah mengikuti semangat hamba Tuhan yang mempunyai 5 dan 2 talenta yang bertanggungjawab mengembangkan talentanya sehingga talentanya bisa bertambah banyak demi kemajuan Lembaga pendidikan tersebut.


Setelah Misa bersama, dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun bersama. Ibu Julliana Goa, S.Pd Selaku ketua panitia menjelaskan makna dari nasi tumpeng di hadapan para tamu undangan. Nasi tumpeng itu berbentuk kerucut yang didasari dengan bentukan Love sebagai lambang ketulusan hati untuk Spekacipto tercinta sedangkan bentuk kerucutnya melambangkan bahwa dengan adanya  kerja sama dari semua warga sekolah dapat membawa Spekacipto menuju puncak yang paling tinggi.


Ia juga sangat bersyukur karena semua kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan sukses.  Ibu juli sapaan akrabnya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu panitia dalam merealisasikan semua kegiatan dalam menyongsong HUT sekolah hingga sampai pada puncaknya hari ini tegasnya dengan penuh sukaria.


Yufen  Beribe selaku Ketua Komite sekolah dalam sambutannya mengatakan bahwa usia menentukan kualitas, semakin tinggi usia maka semakin tinggipula output yang dihasilkan oleh Lembaga ini.


Ia mengharapkan agar semakin tua umur sekolah semakin banyak juga kreativitas yang harus ditunjukan dari setiap warga sekolah. Selain itu, ia juga mengharapkan agar di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini bukan menjadi satu alasan atau batu sandungan untuk sekolah dalam menjalankan proses pembelajaran melainkan sebagai sebuah tantangan untuk terus bergerak selangkah lebih maju dan lebih unggul ke depannya.


Romo Yonas Kamlasi, S.Fil.MM selaku kepala sekolah dalam sambutannya mengatakan, Spekacipto perlu bersyukur atas usia yang baru ini. Ia mengharapkan agar semua warga sekolah perlu belajar pada Filosofi padi dimana semakin tua dia akan semakin menunduk dan padat isinya.


“Dengan usia yang ke 57 tahun ini kita perlu menghayati secara mendalam arti dibalik filosofi padi agar semakin tinggi pencapaian kita tetap menunduk dan terus belajar, agar banyak yang bisa kita berikan untuk peserta didik,” ungkapnya.



Ia juga menegaskan bahwa sekolah ini terus menciptakan inovasi-inovasi untuk menjawabi tantangan pandemic Covid-19. Untuk menjawabi hal ini, maka sekolah ini menggunakan Aplikasi sekolah dalam hal ini LMS sebagai media pembelajaran.


Hal ini menunjukan bahwa sekolah terus berlangkah maju dan terus update sesuai dengan tuntutan zaman. Ia juga menegaskan bahwa sekolah sangat berkomitmen untuk menciptakan literasi Sekolah sehingga intelektualitas seorang peserta didik terus diasa sehingga semakin tajam ilmu pengetahuan yang ia ketahui.


Ia sangat berharap agar Komite sekolah terus mendukung dan mendoakan seluruh civitas akademika Spekacipto agar tetap sehat dan semangat demi kemajuan sekolah. Ia juga meminta dukungan dan kerja sama dari komite sekolah mengenai prasarana sekolah dalam mempersiapkan sekolah menuju akresitasi sekolah.


Dalam pesan terakhirnya Romo Yonas sapaan akrabnya menegaskan, “Bahwa hal-hal yang baik terus dikembangkan demi eksistensi dari Lembaga yang kita cintai ini, hal yang belum sempurna agar bisa diperbaiki demi kemajuan kita bersama. Dalam semangat spritualitas St Agustinus dan di usia yang baru ini kita mesti tetap kuat dan tetap tangguh dalam menghasilkan generasi Bangsa yang tangguh dari segi mental, karakter, intelektual demi Indonesia yang lebih unggul dan tangguh,” tandasnya.

 

DIRGAHAYU SMPK  Adi  Sucipto Penfui Kupang, tetap menjadi tempat anak bangsa dalam menuntut ilmu, jaga dan rawat karakter anak Bangsamu dengan 3 benang merahMu Fraternitas, Caritas, dan creditas.

SPEKACIPTO JAYA SELALU……

 

Penulis Nardi, Mahasiswa PPL STIPAS KAK

 

Post a Comment for "SMPK Adi Sucipto Kupang Gelar HUT ke-57, Ini Kata Romo Yonas"