Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Baca Banyak Buku saat Ramadhan, Salah Satunya Tingkatkan Rasa Bahagia?

Ilustrasi Pixabai.com


RAKATNTT.COM – Bulan Suci Ramadhan, bulan penuh rahmad bagi umat Islam. Salah satu hal mulia yang dilakukan saat bulan puasa ini tentunya untuk menghindari godaan ragawi. Umat Islam akan berpuasa, khususnya menahan diri untuk mengonsumsi makanan sebagaimana biasanya yakni tiga kali sehari. Jika tidak mengonsumsi makanan tiga kali sehari, maka apa yang mau dikonsumsi? Buku jawabannya. Ya, membaca atau mengonsumsi banyak buku adalah salah satu alternatif yang mesti diisi saat sunyi di bulan Ramadhan ini. Berikut beberapa manfaat membaca buku saat Ramadhan.

1. Meningkatkan Rasa Bahagia

Membaca buku tidak hanya bertujuan untuk membuka cakrawala pengetahuan. Membaca buku bukan hanya untuk meningkatkan skill dalam berbicara atau menulis. Namun ternyata, membaca buku juga untuk meningkatkan rasa bahagia. Benarkah?

Membaca buku saat Ramadhan, tentu nuansanya berbeda ketika membaca buku pada hari-hari biasa. Pada bulan suci Ramadhan ini, aktivitas membaca buku dapat membuat anda merasa bahagia. Sebab, dengan membaca buku anda mengisi waktu sunyi sambil berefleksi. Anda bisa membaca buku tentang agama, atau membaca buku-buku sastra, seperti novel, cerpen atau puisi. Sebab, orang yang membaca banyak buku akan merasakan kebahagiaan tersendiri, apalagi jika menghabiskan buku tersebut dari halaman awal hingga akhir. Rasa bahagia anda akan nampak, sebab buku juga menyimpan energi positif. Buku juga mengajarkan anda untuk tidak berpikir negatif, menjadi orang yang matang dalam berbicara, khususnya melalui media sosial. Sebab ada penelitian yang mengatakan, orang yang suka marah-marah di media sosial adalah orang yang hanya membaca satu buku atau malas membaca buku. Ayo, isi Ramadhanmu dengan membaca buku, khususnya tentang sastra. Silahkan baca, entah di dalam ruangan atau di alam bebas!

2. Tidak Tergoda

Apa maksudnya? Membaca buku membutuhkan totalitas diri, salah satunya yakni fokus. Orang yang sudah fokus membaca tidak akan berpikir lagi dengan aktivitas-aktivitas lainnya. Nah, bagi anda yang sedang berpuasa, membaca buku adalah salah satu alternatif untuk melawan godaan ragawi, yakni rasa lapar. Ketika anda serius atau fokus juga menikmati buku, maka pikiran-pikiran yang mengganggu ibadah Ramadhan anda akan dikalahkan. Oleh karena itu, ayo membaca. Isi waktu pagi, siang dan sore, beberapa jam.

3. Tingkatkan Potensi Diri

Bagi anda yang minat pada dunia literasi, khususnya menulis, aktivitas membaca buku adalah hal yang mutlak. Sebab menjadi penulis yang baik adalah juga menjadi pembaca yang setia. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tenang dan damai, membaca buku juga membutuhkan waktu yan demikian. Karena itu, jangan keberatan untuk membaca banyak buku pada bulan sunyi penuh rahmad ini. Dengan membaca banyak buku, potensi menulis anda tentunya akan semakin meningkat. Bukan hanya itu, anda akan mendapatkan ilmu-ilmu atau informasi yang baru yang disediakan oleh buku-buku anda.

Post a Comment for "Manfaat Baca Banyak Buku saat Ramadhan, Salah Satunya Tingkatkan Rasa Bahagia?"