Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tadarus Al-quran Menanamkan Nilai Religius dan Saling Berbagi Ilmu

Istimewa


RAKATNTT.COM - Ramadhan hadir sebagai momentum besar Ummat islam. Sebab bulan ini dilipatgandakan setiap pahala yang diberikan oleh Allah. Tadarus  adalah membaca dan memahami akan AL-QURAN serta isinya, yang kemudian dapat diaplikasikan dalam hidup dan kehidupan sosial pasca ramadhan.

Tentunya setiap masjid dan musholah, ataupun dirumah setiap ummat, pastinya tidak meninggalkan amalan ini, karena penyelenggaraannya melalui bacaan satu per satu, bergantian setiap zus (bagian-bagian AL-QURAN), yang keliru diperbaiki dan menambah akan pengetahuan bacaan. Di sisi lain pun pahala tetap mengalir bagi orang yang hadir hanya mendengarkan bacaan tanpa dibaca oleh yang mendengar. Berhubungan dengan tajwid serta makhrajul huruf, akan menjadi fokus perhatian perbaikan dalam bertadarus.

Fungsi tadarus adalah menanamkan nilai-nilai relegius serta saling berbagi ilmu di antara sesama. Al-quran adalah Kalamullah yang senantiasa diberi pahala bila membacanya, dan secara keyakinan adalah Al-quran sebagai penolong, dan memberi cahaya bagi pembaca ketika meninggalkan dunia dan menempati alam Barzah. Sehingga Ramadhan akan menjadi pergi begitu saja tanpa memberi kesan, apabila pemanfaatan peluang mengisi dengan amaliah kebaikan.

Sangatlah merugi bagi kita yang menyia-nyiakan kesempatan  ini. Mari di sisa waktu ini, kita perbanyak berbagai kegiatan sosial, dan pendalaman agama, insa Allah hadirnya Ramadhan berbuah kado istimewa untuk bekal pada etape kehidupan mendatang.

 

Sudarjo Abd Hamid

GPAI SDN Leuwalang Omesuri

Post a Comment for "Tadarus Al-quran Menanamkan Nilai Religius dan Saling Berbagi Ilmu"