Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bersama 2 Turis Asal Republik Ceko, Komunitas Sapurasa Lepas Tukik ke Laut


RAKATNTT.COM - Komunitas Sahabat Penyu Rastafara yang disingkat "Sapurasa" melepaskan tukik (anak Penyu) ke laut bersama dengan dua turis asal Republik Ceko. Kegiatan  yang dihadiri juga oleh Kepala Desa Nilanapo, Kepala Desa Aramengi, Komunitas Sahabat Penyu Loang (Sayang) dan juga masyarakat desa Nilanapo dan beberapa desa lainnya ini terjadi di Pantai Ure, Desa Nilanapo, Kecamatan Omesuri, Minggu (3/7/2022).  

Proses penangkaran dan pelepasan tukik ini berawal dari inisiatif atas dasar cinta dan rasa peduli dari saudara Dence Botungraba. Sebab menurutnya,  hewan laut ini hampir punah dan harus diselamatkan.

“Hal ini bukan pertama kali saya lakukan, sudah tiga kali,” ungkapnya. Kegiatan ini diketahui oleh khalayak dan juga komunitas Sahabat Penyu Loang ketika Saudara Dence Botung raba melepas liarkan tukik pertama yang diupload di akun Facebook miliknya.

Menjadi sebuah apresiasi terhadap rasa peduli Saudara Dence Botung raba, Kepala Desa Nilanapo, Kirman Laleng, bertekad untuk mendukung penuh komunitas ini dengan memberikan legalitas komunitas berupa SK dan suntikan dana. Hal ini disampaikan dalam sambutannya. 

“Harapan terbesar adalah semua masyarakat sepanjang deretan pantai Desa Nilanapo dan juga desa tetangga agar bisa bekerja sama menjaga, merawat dan menyelamatkan Penyu dan menjadikan deretan pantai ini sebagai tempat destinasi kunjungan para wisatawan lokal ataupun mancanegara yang ingin berkunjung,” harap Kirman Laleng.

Menariknya, kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh warga Desa sebagaimana disebutkan di atas, melainkan juga dua orang warga negara Republik Ceko. Keduanya sangat apresiatif dan mendukung penuh kegiatan ini. (Kontributor Servasius Sogang/Red)

 

Post a Comment for "Bersama 2 Turis Asal Republik Ceko, Komunitas Sapurasa Lepas Tukik ke Laut"