Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Masuk Daftar Desa Cantik, Mahal II Dapat Sosialisasi dari BPS Lembata

Tim dari BPS Lembata Berpose Bersama Kades Mahal II dan Kelompok Informasi Masyarakat usai Sosialisasi Desa Cantik di Kantor Desa Mahal II, Rabu (3/8)

RAKATNTT.COM – Yohanes Guido Tua, Kepala Desa Mahal II, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, NTT, mengaku sangat bangga ketika Mahal II dipilih sebagai salah satu Desa Cinta Statistik (Cantik) 2022 di wilayah Kabupaten Lembata. Selain Mahal II, ada juga Desa Penikenek di Kecamatan Nagawutung.

Menindaklanjuti status sebagai Desa Cantik, Rabu (3/8/22) tim dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Lembata mengunjungi Desa Mahal II dalam rangka sosialisasi “Desa Cantik: Mengawal Pengentasan Kemiskinan Penduduk dengan Membangun Desa” yang dilaksanakan di Kantor Desa setempat.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh 3 hal penting yakni (1) Desa tidak lagi dianggap sebagai objek pembangunan melainkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. (2) Saat ini, di Desa terdapat berbagai sistem aplikasi pendataan (Prodeskel, SDGs Desa, SIK-NG, dst) tetapi kualitas dan kapasitas SDM di Pemerintahan Desa dalam hal pengelolaan dan literasi data Desa masih relatif rendah. (3) BPS sebagai leading sector dalam pengembangan statistik memiliki peran penting dalam peningkatan pengelolaan, pemanfaatan dan literasi data di tingkat Desa.

Yohanes Guido Tua selaku Kades Mahal II, dalam sapaannya mengatakan, Mahal II siap bekerja sama dengan BPS Kabupaten Lembata untuk menyukseskan kegiatan yang rencananya akan berakhir pada Desember 2022. Ia juga mengatakan, dalam proses pembangunan Desa, kesediaan data yang akurat sangat diperlukan.

“Desa statistik berarti kita berbicara soal data, maka dalam proses pembangunan Desa, kita membutuhkan data yang akurat, maka kehadiran program ini sangat membantu Pemerintah Desa,” ungkapnya penuh semagat.

Sementara itu, Felixia Siola, Kepala BPS Kabupaten Lembata mengatakan, Desa Mahal II termasuk Desa berkembang dari segala aspek, maka dipilih sebagai Desa Cantik.

“Dihitung pada potensi-potensi yang ada, SDM, Pendidikan, dan sebagainya, Desa Penikenek dan Mahal II ini termasuk Desa berkembang dan dua Desa ini paling menonjol dari 144 Desa dan 7 Kelurahan di Kabupaten Lembata maka dipilih sebagai Desa Cantik di Kabupaten Lembata,” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung sekitar 2 jam. Proses kegiatan berjalan baik dan para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Didi Peuobuq, pengurus Karang Taruna Mahal II mengaku bangga dengan kegiatan ini. Ia mengharapkan agar kegiatan ini bisa membawa manfaat untuk pembagunan Desa ke depan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Omesuri, Ade Hasan Yusuf yang diwakili oleh Sekcam Omesuri, Ketua BPD Mahal II bersama anggota, tim dari BPS Kabupaten Lembata, Kelompok Informasi Masyarakat Desa Mahal II (KIM) dan Karang Taruna Mahal II.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi ini akan terus dilakukan hingga berakhir pada Desember 2022 dengan membentuk agen-agen yang mahir mengelola data di Mahal II. (RO/Red)

 

Post a Comment for "Masuk Daftar Desa Cantik, Mahal II Dapat Sosialisasi dari BPS Lembata"