Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bangkit untuk Hidup Bersama Kristus Tuhan

Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero – PPKKS (Pusat Pelayanan Kerasulan Kitab Suci) Provinsi SVD Ende; SANTAPAN SABDA HARI MINGGU PASKAH 2021; Tema: Bangkit untuk Hidup Bersama Kristus Tuhan. P. Simeon Bera Muda, SVD



Kita kenal apa yang disebut ‘new age’ atau ‘jaman now’.

Umat Allah dalam Kristus. Sejak dalam PL khususnya dalam Mazmur, Tuhan itu hidup dan abadi maka kasih Tuhan juga kekal abadi. Tangan kanan Tuhan artinya: seluruh kekuatan Allah membuat yang mati menjadi hidup.

Batu yang dianggap mati karena dibuang oleh manusia telah Tuhan jadikan batu penjuru yaitu batu yang memberi hidup untuk seluruh rumah karena membuat rumah tetap kuat berdiri.

Yohanes berceritera bahwa pada hari pertama sesudah hari Sabat, Maria Magdalena dan teman-teman lainnya yang tidak disebut namanya pergi mengunjungi kubur Yesus yang sudah dimakamkan dua hari sebelumnya. Kubur orang Yahudi biasanya dipahat pada bukit batu dan pintu kubur ditutup dengan batu.

Begitu melihat batu sudah terguling, Maria Magdalena langsung katakan bahwa Tuhan sudah diambil orang kepada Petrus dan seorang murid lain yang rupanya murid yang dikasihi karena hanya dia yang melihat dan percaya sedangkan Petrus melihat semua di dalam kubur yang teratur rapi tetapi belum mengerti Kitab Suci bahwa Yesus harus bangkit dari antara orang mati.

Keempat Injil tidak menceriterakan bagaimana Yesus yang sudah mati itu mulai hidup kembali, bangun lalu jalan keluar kubur. Hanya kubur yang kosong. Dan Petrus yang masih kurang bersemangat dan kurang mengerti ternyata dalam Kisah para Rasul dengan sangat berani sudah mewartakan bahwa Yesus sudah bangkit kepada orang Yahudi sekarang menyampaikan kepada keluarga Kornelius yang bukan orang Yahudi bahwa Petrus dan teman-teman para rasul lainnya menjadi saksi Yesus yang bangkit karena sesudah kematian di salib lalu pada hari ketiga bangkit dari mati lalu Yesus hidup bersama para murid.

Yesus minta para rasul untuk menjadi saksi supaya semua orang percaya pada Yesus yang bangkit agar memperoleh pengampunan dosa demi nama Yesus, Tuhan yang sudah bangkit itu.

Paulus menyampaikan kepada umat Kolose bahwa manusia dibangkitkan bersama Kristus sehingga hidup tidak bisa terus dikurung di dalam kubur di bawah melainkan hendaknya naik dan membuat hidup itu tersembunyi bersama Kristus di dalam Allah. Kristus yang bangkit itu hidup manusia yang akan memuliakan manusia di dalam Diri Yesus sendiri.

Umat Allah dalam Kristus. Bersama umat Israel kita percaya akan Allah yang hidup dan menghidupkan kita di dalam kasih setia-Nya yang kekal abadi. Kita menerima Santapan Sabda Allah bahwa Allah membuat Yesus dan kita menjadi batu penjuru maka kita bisa melihat kubur yang kosong, membuat diri kita kosong supaya kita bisa hidup seperti Yesus.

Dan Kristus yang adalah hidup kita itu memberi kita Santapan Tubuh-Darah Yesus sendiri supaya kita mendapat hidup di dalam kebangkitan bersama Kristus. Kita hidup di dalam Paskah bila kita selalu berusaha untuk lewat dari hal yang buruk, dari mati ke hidup, dari baik ke lebih baik karena kalu matahari dan pohon beringin bisa hidup kembali, apalagi kita manusia, kita orang Kristen.  

  

Post a Comment for "Bangkit untuk Hidup Bersama Kristus Tuhan"